Dampak Keseringan Mandi Berbahaya bagi Kulit dan Sistem Kekebalan Tubuh

  • Bagikan
Mandi terlalu sering bisa berdampak buruk bagi sistem kekebalan tubuh

“Namun ternyata terlalu sering mandi malah merugikan karena bakteri baik akan ikut mati dan lapisan minyak pada kulit akan hilang,” jelasnya.

Penggunaan sabun saat mandi, lanjutnya, akan menghilangkan lapisan minyak kulit yang sangat penting untuk menjaga kadar air normal kulit sehingga kulit mudah kering.

Begitu pula penggunaan air yang terlalu panas juga memicu kulit kering. Akibat kulit kering, maka bakteri jahat, virus, ataupun jamur akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh kita hingga menyebabkan penyakit.

Olehnya itu, ia menyarankan agar mandi dilakukan satu sampai dua kali dalam sehari dengan menggunakan air yang tidak terlalu panas.
“Pemilihan sabun juga sangat penting, hindari memakai sabun antibakteri karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik pada kulit. Pilihlah sabun yang tidak mengandung parfum dan mengandung pelembab,” kuncinya.

Sementara itu, Spesialis Kulit dan Kelamin RS Ibnu Sina, dr Sri Vitayani SpKK mengungkapkan bahwa tidak perlu terlalu sering mandi dalam sehari, karena berapa kalipun mandi dalam sehari, kuman tidak akan sepenuhnya hilang, karena ada bakteri di kulit kita. (mia/fajar)

  • Bagikan