Sering Terpapar Sinar Matahari, Lulur Kunyit Atasi Kulit Belang

  • Bagikan
Lulur kunyit dapat digunakan sebagai skincare untuk mengatasi kulit belang akibat sering terpapar sinar matahari. (Foto Muzzu Khaidir-Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Seringkali kulit menjadi belang. Apalagi di area yang sering terpapar sinar matahari. Lulur kunyit bisa mengatasi kulit belang karena sering terpapar sinar matahari.

Spesialis Kulit dan Kelamin Muji Klinik, Dr dr Hj Muji Iswanty SH, MH, SpKK, MKes, mengatakan, penyebab kulit lebih hitam dibanding area lainnya dikarenakan area tersebut menghasilkan lebih banyak melanin, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit.

Gangguan ini, diakuinya, biasa disebut hyperpegmentasi atau kelebihan zat melanin pewarna kulit. Penyebabnya ada banyak. Salah satunya adalah paparan sinar matahari berlebih. Akibatnya kulit menjadi belang.

Hal ini, kata dia, dikarenakan perbedaan tone warna kulit yang sering terpapar matahari dan yang tidak terpapar. Hyperpegmentasi bisa ditangani dengan beberapa cara. Salah satunya menggunakan bahan alam, seperti kunyit.

“Mengapa kunyit? Tanaman ini bukan sekadar dibuat rempah dan obat. Akan tetapi, kunyit juga bagus untuk bodycare atau skincare. Seperti lulur,” bebernya.

Ditambahkan, Spesialis Kulit dan Kelamin (dermatologi dan venereologi) dr St Nurul Reski Wahyuni MKes SpDV, kunyit memang memiliki banyak khasiat. Kunyit mengandung curcumin, demethoxycurcumin dan bisdemethoxycurcumin.

  • Bagikan